Masa Dewasa Rasulullah sebelum Menikah

Kisah Dewasa Rasulullah ﷺ sebelum Menikah

 

                   Gambar : Illustrasi

Menginjak remaja, Muhammad belum punya pekerjaan tetap. Namun, beberapa riwayat menceritakan bahwa beliau bekerja menggembala kambing. Beliau menggembalakan kambing milik Bani Sa’ad  dari penduduk Mekah dengan imbalan beberapa qirath. Yang jelas, beliau beralih profesi menjadi pedagang ketika menginjak masa remaja menuju dewasa.

Menurut suatu riwayat, Muhammad pernah berdagang bersama Saib bin Abi Saib al-Makhzumi, dan menjadi rekan bisnisnya yang terbaik. Dalam menjalankan bisnis, beliau tidak pernah curang atau berselisih.

Pada saat penaklukan Mekah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menghampiri Saib, yang langsung menyambutnya seraya berkata, “Selamat datang, saudaraku dan rekananku.

Pada usia 25 tahun, Muhammad berdagang ke Syam dengan modal milik Khadijah.  Khadijah binti Khuwailid adalah seorang saudagar besar, mulia nan kaya raya. Dia menggaji beberapa orang untuk menjalankan bisnisnya dengan sistem bagi hasil. Suku Quraisy memang terkenal sebagai suku yang gemar berdagang.

Ketika Khadijah mendengar kabar tentang kepribadian Muhammad yang jujur, amanah, dan berakhlak mulia, dikirimnya utusan menemui lelaki itu. Melalui sang utusan, Khadijah meminta Muhammad agar bersedia memutar modalnya untuk berdagang di Syam, dengan didampingi pembantunya yang bernama Maisarah. Khadijah berjanji akan memberikan imbalan lebih dari yang pernah diberikan kepada rekan bisnisnya yang lain.

Muhammad menerima tawaran kerja tersebut. Beliau berangkat membawa modal dengan didampingi oleh pembantu Khadijah, Maisarah, hingga tiba di Syam (bersambung). 

***

– Shahih Bukhari tentang Ijarah, bab “Menggembala Kambing dengan Imbalan Beberapa Keping Uang,” Hadist No. 2262

– Sunan Abi Dawud, 2/611; Ibnu Majah 2/768, Hadist No. 2287; Musnad Ahmad 3/425
– Ibnu Hisyam 1/187-188

Kisah-kisah Lain


Diterbitkan

dalam

,

oleh

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !! Sorry nih, Gak bisa di copas